Cara Merawat Sepatu Kanvas Agar Tetap Awet

Trending News -

Cara Merawat Sepatu Kanvas Agar Tetap Awet

Sepatu kanvas adalah salah satu sepatu yang nyaman untuk digunakan dan hampir semua orang memiliki sepatu jenis ini. Model sepatu kanvas juga merupakan model sepatu yang santai sehingga memungkinkan dipakai untuk digunakan pada kegiatan sehari-hari. Tetapi jangan salah, untuk merawatnya juga cukup sulit dan harus banyak berhati-hati. Walau nyaman digunakan dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk merawatnya ya Fam. Meletakkan sepatu kanvas secara sembarangan, apalagi sampai menumpuk sepatu kanvas dengan sepatu lainnya akan membuat sepatu lebih cepat rusak.

Sepatu Leorichie

Sebenarnya ada cara mudah, yaitu mencucinya di tempat jasa cuci sepatu, tetapi dana yang dikeluarkan juga bisa menguras dompet jika dilakukan berkali-kali. Padahal ada cara mencuci sepatu kanvas putih supaya terlihat baru dan warnanya tidak jadi kuning dengan mudah serta murah. Oleh karena itu, kali ini Leo Richie kasih tau LR Fam bagaimana cara mencuci dan merawat sepatu kanvas yang benar!

1. Saat kotor jangan langsung dicuci

Mencuci sepatu kanvas saat masih kotor akan memperluas noda kotoran karena basah. Sebaiknya jemur sepatu dengan cara diangin-anginkan sampai noda mengering. Setelah kering, tepuk-tepuk sepatu sampai noda terlepas dari sepatu kanvas mu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membersihkannya saat mencuci.

2. Cuci dengan deterjen atau sabun pencuci piring

Ada dua pilihan pembersih untuk mencuci sepatu kanvas: deterjen atau sabun cuci piring. Jika sepatu benar-benar kotor, gunakan deterjen agar lebih cepat bersih. Jika sepatu tidak terlalu kotor, gunakan sabun pencuci piring karena dianggap lebih ringan sehingga tidak akan membuat warna sepatu memudar.

3. Jangan langsung tuang sabun di atas sepatu kanvas

Supaya sepatu kanvas mu tetap awet dan terjaga, jangan langsung menuangkan sabun ke permukaan sepatu ya Fam, apalagi sepatu Leorichie series Lakshman, harus kalian jaga dengan hati-hati dan teliti. Hindari juga sabun yang mengandung pemutih karena bisa membuat warna asli dari sepatumu cepat memudar.

4. Mencuci bagian dalam

Bersihkan bagian dalam sepatu kanvas yang kotor dengan menyikatnya secara perlahan menggunakan sikat gigi atau bisa juga dengan kain lap yang tebal.

5. Keringkan secara alami

Jangan mengeringkan atau menjemur sepatu kanvas langsung di bawah sinar matahari. Cukup keringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Kamu bisa menjemurnya di teras rumah yang terbuka, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari mengeringkan menggunakan hair dryer karena akan membuat bahan kanvas menjadi kering, kaku, dan rapuh.

6. Beri penyangga di bagian dalam

Untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap baik, beri penyangga pada bagian dalam sepatu kanvas. LR Fam bisa menggunakan koran sebagai penyangga, atau bisa juga dengan membeli penyangga sepatu khusus. 

7. Cuci menggunakan baking soda

Selain menggunakan deterjen, kamu juga bisa menjadikan larutan baking soda sebagai pembersih sepatu kanvas. Kalau deterjen lebih sering dipakai untuk membersihkan bagian luar, kini kamu bisa cuci sepatu bahan kanvas dengan larutan baking soda. Baking soda akan lebih efektif menghilangkan kotoran serta bau kaki di bagian dalam sepatu. Jangan lupa membilasnya dengan air dingin saat membersihkan baking soda ya Fam. 

8. Hindari penggunaan mesin cuci

Mencuci sepatu kanvas di mesin cuci merupakan hal yang perlu kamu hindari. Sepatu kanvas memiliki bahan yang rapuh dan gampang rusak, jadi sangat riskan kalau kamu membersihkannya di mesin cuci. Kalau kamu ingin membersihkan noda di sepatu, bisa percayakan pada shoe laundry atau toko pembersih sepatu yang memiliki alat lebih profesional.

9. Simpan dalam tempat tertutup

Simpan sepatu kanvas di tempat yang tertutup saat tidak terpakai untuk menghindari terpapar debu. Taruh sepatu di ruang yang bersuhu normal, tidak lembab atau terlalu panas untuk menjaga sepatu tetap awet. Kamu bisa menggunakan kain, kotak berbahan plastik, atau kotak sepatu sebagai tempat penyimpanan.

10. Beri pengharum sepatu

Jangan lupa untuk menaruh pengharum khusus sepatu ke dalam kotak penyimpanan sepatu agar sepatu tidak berbau meski lama tidak dipakai.

Baca Juga

Suka Sepatu Suede? Ini Tips & Tricks Merawatnya