3 Cara Merawat Papan Skateboard. Sulit Kah?

3 Cara Merawat Papan Skateboard. Sulit Kah?

Bermain skateboard tentu sangat digemari oleh beberapa LR Family. Selain permainannya yang menantang, kalian juga bisa kenal banyak orang Fam dengan gabung komunitas skateboard yang ada di kota kalian. Hal tersebut bisa menambah rasa kekeluargaan diantara orang-orang yang memiliki hobi yang sama. 

Tetapi, untuk menggeluti hobi ini juga bukan hal yang mudah. Kalian harus memiliki papan skateboard atau deck yang harganya tidak murah. Oleh karena itu, papan skateboard sebaiknya dirawat dengan baik agar awet dan tetap nyaman untuk digunakan. Apalagi di beberapa kota sudah banyak disediakan tempat untuk bermain skateboard alias skatepark.

Kalau udah ketemu sama skateboard yang tepat, berarti LR Fam wajib menjaga papan skateboard agar tetap awet dan terjaga kualitasnya. Maka dari itu, mending pahami dulu 3 cara gampang merawat skateboard biar gak gampang rusak berikut ini. 

1. Membersihkan Griptape

Leo richie

Griptape adalah bagian atas papan deck skateboard yang bertekstur kasar seperti amplas. Nah, bagian ini sering banget kotor akibat terkena debu atau kotoran dari sepatu. Kalau griptape dibiarkan kotor gitu aja, lama-kelamaan bisa saja kehilangan fungsinya.

Salah satu fungsinya yaitu membantu papan skateboard terangkat ketika kalian melakukan trik atau melompat. Agar griptape bisa tetap mencengkram sepatu dengan optimal, kalian wajib banget membersihkannya secara rutin.

Caranya gampang, taruh papan skateboard pada posisi vertikal, lalu siram dengan air. Setelah itu sikat menggunakan air sabun, kemudian bilas sampai bersih. Sebaiknya, siram air dari atas ke bawah ya. Karena, dengan cara ini papan skateboard gak terendam dan bisa kering dengan cepat. 

Kalian juga perlu memperhatikan kondisi pelapis anti selip di atas papan skateboard, dimana kondisi bebas serpihan bahkan debu adalah kondisi yang terbaik. Deck skateboard jangan sampai terendam air, karena terbuat dari papan yang bisa menjadi lapuk kalau kena air dalam waktu yang cukup lama. 

2. Memperhatikan Roda

Leo Richie

Cara gampang merawat skateboard selanjutnya yaitu perhatikanlah kebersihan roda skateboard. Sebaiknya rutin cek kondisi roda skateboard, karena bagian ini selalu mengalami getaran dan guncangan ketika digunakan sehingga mur dan baut di bagian roda bisa saja kendur atau bahkan copot. Sebaiknya, bersihkan komponen skateboard yang satu ini sehabis selesai menggunakannya.

Komponen roda skateboard terdiri dari roda itu sendiri dan bearing yang terdapat di dalamnya. Bearing merupakan hal paling penting dan harus selalu dirawat agar roda bisa berputar dengan baik.

Kalian bisa membersihkan bearing dengan menggunakan cairan bahan bakar, seperti bensin atau pembersih kutek (aseton). Setelah itu, berilah pelumas cair yang biasa digunakan buat mesin jahit atau bisa juga membeli pelumas khusus bearing skateboard.

3. Menjaga Truck Skateboard

Leorichie

Truck memang menjadi bagian yang nggak terlalu berpengaruh pada skateboard, sehingga seringkali disepelekan. Tapi, lo tetap harus memperhatikan bushing atau karet peredam yang ada pada truk tersebut, apakah masih layak atau nggak untuk digunakan kembali.

Kalau lo menemukan kejanggalan atau kerusakan pada bushing, maka sebaiknya segera ganti biar fungsi truck skateboard lo tetap harus bekerja dengan optimal. 

Nah, itulah 3 cara gampang merawat skateboard biar nggak gampang rusak. Setelah memiliki papan skateboard yang keren dan juga terawat, suatu kewajiban juga buat punya satu sepatu Leo Richie untuk menemani LR Family bermain skateboard. Kira-kira sepatu Leo Richie yang mana yang jadi favorit kalian? 

Baca Juga

BMX DAY 2022: BDGBMX X THRILL OF LIFE

Kembali ke blog