Fungsi Insole Sepatu

Fungsi Insole Sepatu

Pada saat memilih sepatu, sebagian orang hanya memperhatikan material dari bagian atas sepatu dan outsolenya saja namun tidak dengan insole. Sepatu sendiri memiliki dua struktur utama yaitu bagian atas (upper) dan bagian bawah (sol). Sedangkan sol terdiri dari dua komponen yaitu outsole dan insole

Insole sepatu adalah bagian yang terletak pada bagian dalam sepatu yang menjadi alas atau pijakan kaki. Insole umumnya memiliki bentuk mengikuti lekukan sepatu dan disesuaikan dengan kaki. Biasanya, insole sepatu terbuat dari bahan yang lembut seperti busa atau gel. Insole dapat dicopot dan dipasang kembali ketika mengalami kerusakan dan harganya relatif lebih murah dibandingkan outsole

Insole yang nyaman dengan ukuran yang tepat akan membuat kita merasa lebih nyaman saat menggunakan sepatu. Dengan menggunakan insole yang sesuai, rasa nyeri pada kaki, pinggang, atau lutut kamu pun dapat berkurang. Selain untuk mengurangi rasa sakit dan membuat kaki lebih nyaman, insole sepatu juga memiliki fungsi lain. Apa saja kah? 

Fungsi insole sepatu

  • Untuk membantu mengatasi masalah postur tubuh dan ketidaknyamanan pada sebagian orang yang menggunakan sepatu
  • Untuk meredam goncangan saat beraktifitas
  • Untuk mencegah terjadinya kaki rata, hallux valgus dan cedera punggung
  • untuk mengatasi sepatu yang terlalu besar. 

Mengingat aktivitas mobilisasi dengan kaki yang tinggi, dibutuhkan media yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi kaki sebagaimana mestinya. Seperti bagian tubuh yang lain, kaki memiliki sistem syaraf yang mudah sekali terganggu karena satu dan beberapa penyebab. Permasalahan ini diantaranya munculnya iritasi, dan penebalan yang berdampak pada munculnya rasa nyeri kaki. Jadi menentukan dan mengetahui fungsi dari insole sendiri merupakan hal yang penting ya Fams. 

Salah satu sepatu dengan insole yang nyaman dan bisa mengurangi rasa nyeri pada kaki adalah sepatu Leo Richie Oddysey Slip On Classic dan Lunar Classic.

Sepatu hitam Leo Richie  Sepatu hitam Leo Richie

Oddysey Slip On Series mencerminkan karakter yang ga suka ribet, ingin penampilan yang simple pada situasi apa pun. Sepatu Leo Richie Slip On yang satu ini, siap dibawa ke kedai kopi, nongkrong main catur bareng teman, atau ke diajak sunmori bareng si doi dengan tetap classy.

Bagaikan bulan (LUNAR) yang setia menemani bumi, sepatu Leo Richie LUNAR akan selalu setia menemani langkahmu seharian, di saat hujan, walaupun terang. Dilengkapi oleh extra toe cap pada bagian pinggir sepatu untuk menambah estetika dan perlindungan untuk kaki LR Fams. 

Baca Juga

Memilih Sepatu Berdasarkan Bentuk Kaki? Ini Dia Caranya!

Kembali ke blog