Memilih Sepatu Berdasarkan Bentuk Kaki? Ini Dia Caranya!

Memilih Sepatu Berdasarkan Bentuk Kaki? Ini Dia Caranya!

Sepatu menjadi salah satu media kita untuk berjalan. LR Fam pasti tau kan kalau fungsi sepatu itu selain untuk melindungi kaki, sepatu juga sebagian dari penampilan?  Kesalahan dalam memilih sepatu dapat beresiko ketidaknyamanan, bahkan cedera. Karena itu, memilih sepatu harus pas dan sesuai serta nyaman dipakai. 

Ngomongin sepatu yang pas nih, emang nggak bisa berdasarkan tebak-tebakan. Apalagi kalau cuma karena desain dan warnanya. Untuk memilih sepatu juga ada tipsnya lho. Kira-kira gimana caranya ya milih sepatu yang pas dan sesuai berdasarkan bentuk kaki? Pertama, pastikan bentuk kaki Fam. 

Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda. Dan ternyata bentuk kaki manusia itu ada tiga lho Fam. Liat penjelasan dari Leo Richie dibawah ini!

Bentuk kaki manusia

Image Source: Bookingdokter.com

1. High Arch

Telapak kaki bagian depan dan belakang (tumit) terlihat lebih sempit dan sudut lengkungan sedikit sekali yang terlihat, maka dapat dipastikan bahwa kamu memiliki bentuk telapak kaki high arch. Lengkungan telapak kaki yang tinggi ini biasanya membuat ekstra tekanan di bagian telapak kaki dan tungkai kaki. 

2. Normal Arch

Telapak kaki berupa setengah dari daerah lengkukan kaki terisi, selamat telapak kaki yang kamu miliki berjenis normal! Bentuk telapak kaki ini dimiliki kebanyakan orang. Kaki menopang beban tubuh dan menapak secara normal sehingga resiko cedera sangat minim.

3. Flat Arch

Flat (low) arch merupakan bentuk telapak kaki dengan sudut lengkungan yang rendang sehingga permukaannya cenderung rata. Saat kita melihat cetakan kaki dan keseluruhan bentuk telapak kaki terlihat jelas berarti kamu memiliki lengkungan telapak kaki yang rendang. Kemungkinan yang terjadi adalah kaki akan menekan lebih ke dalam saat berlari, yang menyebabkan banyak penekanan pada bagian telapak kaki dan lutut. 

Kalian udah tau kan bentuk kaki masing-masing kan Fam? Selanjutnya memilih tipe sepatu yang cocok sama bentuk kaki kalian nih, Kira-kira yang mana yang cocok?

1. High Arch: Cushioning

High arch memiliki kecenderungan untuk menggerakan kaki dengan memutar ke dalam saat berlari. Telapak kaki ini biasanya banyak memberi penekanan pada bagian depan kaki dan belakang kaki (tumit). Saat berlari juga tipe kaki ini yang gerakan kakinya cenderung memutar ke dalam (supinasi) 

Untuk jenis kaki ini disarankan sepatu dengan tipe cushioning/neutral, dilengkapi bantalan yang cukup fleksibel, untuk dapat menyangga telapak kaki dengan baik terhadap tekanan yang terjadi.

2. Normal Arch: Stability

Telapak kaki normal menapak dengan bagian luar tumit dan bergulir sedikit ke dalam untuk meredam guncangan. Bentuk kaki ini secara biometrik cocok untuk pelari dan tidak membutuhkan sepatu yang mengontrol pergerakan telapak kaki. 

Pilih sepatu dengan tipe Stability, yang memberi jejak kaki yang lebih stabil saat berlari dengan teknologi flex through midsole dan arch support. Sepatu Leo Richie sangat cocok untuk LR Family yang memiliki Normal Arch, karena memberi jejak kaki yang lebih stabil saat berjalan. Leo Richie akan merekomendasikan sepatu Damar - Retro dan sepatu Torto - Retro yang bisa membawa kenyamanan untuk kaki kamu di setiap langkah.

Sepatu retro Leo Richie

Sepatu retro Leo Richie

3. Flat Arch: Motion control

Bentuk kaki dengan jenis flat (low) arch memiliki kecenderungan menggerakkan kaki dengan memutar ke arah luar saat berlari. Telapak kaki seperti menjadi penahan beban dan guncangan. Hal ini tidak selamanya baik karena setiap penambahan beban dalam pijakan telapak kaki memberi kontribusi dalam penambahan beban kaki dan lutut. Hal ini juga bisa berisiko cedera. 

Sepatu yang direkomendasikan adalah yang mengisi sudut lekukan kaki anda, dual density midsole dengan tambahan supportive posts untuk memberikan tambahan pegangan dalam atau grip pada kaki. Bisa juga menggunakan sepatu dengan midsole yang lebih lebar. Sepatu dengan tipe motion control/ high stability cocok untuk kaki jenis ini. 

Baca Juga

Leo Richie For Shoesmart

Kembali ke blog